Visi Program Studi Doktor Ilmu Politik
“Menjadi Program Doktor Ilmu Politik  di tahun 2023 yang terkemuka di tingkat nasional, dan menghasilkan ilmuwan di bidang ilmu politik yang kritis, inovatif, kompeten, memiliki integritas moral akademik dan ikut serta dalam pembangunan politik nasional.”

Misi Program Studi Doktor Ilmu Politik

  1. Membentuk kemampuan akademik lulusan dalam penguasaan, teori, konsep ilmu politik dan metodologi yang dapat memgembangkan  daya analisis, inovasi, serta memiliki integritas moral dan bertanggungjawab.
  2. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada standar mutu pendidikan
  3. Mengembangkan pendidikan dan penelitian politik yang inovatif dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner kearah pengayaan dan pengembangan paradigma baru.
  4. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain, dibidang data dan informasi, penelitian, penerbitan, pendidikan dan pengajaran.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga swasta dan pemerintah dalam bidang penelitian yang berkaitan dengan kebijakan dan pemberdayaan masyarakat.
  6. Berperan aktif dalam forum ilmiah baik pada tingkat nasional.
  7. Ikut memberikan kontribusi pemikiran dalam pembangunan nasional dan peradaban umat manusia.

Tujuan Program Studi Doktor Ilmu Politik
Dengan mengacu pada visi di atas, maka Program Doktor Ilmu Politik  menetapkan tujuan sebagai berikut :

  1. Menghasilkan doktor ilmu politik yang mempunyai kompetensi tinggi yang mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam wawasan keahliannya untuk memecahkan masalah bangsa/negara yang kompleks, termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin serta mampu  bersaing ditingkat nasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi dan/atau menciptakan metodologi baru untuk spesialisasi Politik Indonesia, dan Ekonomi Politik.
  3. Menghasilkan lulusan yang menguasai teori, konsep serta  paradigma yang sesuai dengan keahliannya sehingga dapat bersifat terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, budaya dan teknologi serta permasalahan yang ada di masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya dengan kelompok pakar sebidang maupun khalayak yang lebih luas.